Kamis, 25 Januari 2018

Ternak Hias : Kerang Darah

Cara Budidaya Kerang Darah



1. Penyediaan Benih Kerang Darah

Di Indonesia sendiri, budidaya Kerang Darah masih termasuk kedalam taraf percobaan. Teknik yang dilakukan dalam budidaya dimulai dari pengumpulan benih Kerang Darah yang beukuran 4-10 min yang ada ditempat penyebaran benih alami ditepi pantai yang landai. Tahapan pengumpulan dikerjakan disaat air sedang pasang rendah dan kedalaman mencapai 60 cm. Pengumpulan benih dilakukan dengan cara mengeruk dasar perairan yang sedalam sekitar 3 cm dengan keranjang pengumpul benih diatas dan pengerukan dikerjakan dengan memakai papan selancar. Papan berguna untuk tempat penyimpanan benih dan memudahkan pergerakan si pengumpul.

2. Penebaran Benih Kerang Darah

Benih yang telah dikumpulkan diseleksi berdasarkan ukuran. Kemudian benih ditebarkan dilokasi pembesaran. Padat tebar awal sekali sekitar 2000 ekor / m2 nya, lalu dijarangkan hingga kepadatan 200-300 ekor/m2 nya.

3. Pengendalian Hama dan Penyakit Kerang Darah

Kerang Darah yang akan dibudidauakn sendiri biasanya dimangsa oleh predatornya siput gastropoda, apalagi didalam fase benih. Mortalitas missal akan lebih sering terkait dengan perubahan kondisi dari lingkungan, khususnya salinitas. Kematian dari Kerang Darah ini biasa terjadi disaat musim hujan yang berkepanjangan dan akan mengakibatkan turunya salinitas. Kerang darah akan mati didalam air bersalinitas yang dibawah 15 g/kg

4. Panen Kerang Darah

Panen dari kerang darah ini akan dimulai setelah masa pemeliharaan berlangsung sekitar 6-9 bulan. Cara memanennya yakni dengan memakai alat pengeruk yang memiliki ukuran yang lebih besar dan juga kuat dibandingkan dengan alat pengeruk benih.

Sumber :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixYx9iiYAH3pvI43K9q3UdfcqjQgsdn-VsoYRZaaZmFETSWMt0Qmz2asKCzdoOLxAI7amcvq6G8NZz3JNRCbaniWdtLGUGG3trIp0Hlb1gxnUT12AvXnAlwX66psGyEBwMKfqQmr657Jat/s400/Budidaya+Kerang+Darah+Secara+Mudah.jpg
http://deedzarinthebest.blogspot.co.id/2016/02/cara-bisnis-budidaya-kerang-darah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar